Rabu, 20 Juli 2011

#designlogo PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)


VISI PERUSAHAAN
       Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang focus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.


MISI PERUSAHAAN
       Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyamanan.


MAKSUD DAN TUJUAN PERUSAHAAN
       Melaksanakan dan mendukung kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional, khususnya di bidang transportasi, dengan menyediakan barang-jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk dapat melakukan ekspansi baik di pasar domestik maupun internasional di bidang perkeretaapian, yang meliputi usaha pengangkutan orang dan barang dengan KA, kegiatan perawatan & pengusahaan prasarana perkeretaapian, pengusahaan bisnis properti secara profesional, serta pengusahaan bisnis penunjang prasarana & sarana KA secara efektif untuk kemanfaatan umum.


PERSYARATAN LOGO
1. Desain harus memenuhi unsur A-R-T :
a. Asli : merupakan karya orisinil, bukan merupakan saduran, tiruan, ataupun jiplakan dari gambar atau logo tertentu.
b. Representatif : bisa mewakili makna dari Visi, Misi, Maksud & Tujuan Perusahaan, Budaya Perusahaan dan Warna Identitas Perusahaan PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). *)
c. Top : desain mudah dipahami (self explanatory) tanpa harus kehilangan unsur keindahannya serta mudah direproduksi.
2. Orisinalitas karya, relevansi logo dengan Visi, Misi, Budaya Perusahaan, dan Warna
Identitas PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO), unsur estetika, dan pengaplikasian logo pada berbagai media.

KONSEP FILOSOFI ATAU MAKNA LOGO


            Secara keseluruhan bentuk logo merupakan komposisi antara bentuk stilasi perspektif sebuah kereta api dengan logotype bertuliskan teks nama perusahaan pada bagian bawahnya.
            Warna-warna yang berani pada logo menunjukkan inovasi dan aspirasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) akan masa depan yang lebih positif dan dinamis.
            Antara logogram dan logotype peletakannya dibuat center dengan tujuan agar logo terlihat rapi (formal), mempunyai daya komunikasi yang baik (mudah untuk dilihat/diingat), mudah untuk direproduksi dan tetap terlihat menarik pada berbagai media.

KONSEP LOGOGRAM


            Logogram dibuat untuk mewakili image perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa perkeretaapian sebagai alat transportasi masal. Logogram dibuat dari representasi 2 simbol tanda panah yang menunjuk ke arah kanan dan ke arah kiri lalu dimodifikasi sampai menghasilkan bentuk stilasi perspektif kereta api. Bentuk stilasi perspektif sebuah kereta api membuat logo lebih berkarakter dan mudah dipahami oleh siapa saja yang melihatnya.
            Visualisasi pengulangan simbol 2 panah yang berlawanan dibuat untuk menyimbolkan istilah 2 arah (kedatangan - kepergian) pada kereta api. Simbol panah juga melambangkan perusahaan yang progresif (selalu bergerak maju) menuju arah yang baik dengan tujuan yang pasti. Logogram dihasilkan dari komposisi 2 jenis bentuk bangun datar yaitu bangun datar jajargenjang dan bangun datar quadrilateral. Kedua bangun datar tersebut kemudian dikomposisikan menjadi 4 potongan objek bangun datar sehingga menghasilkan bentuk stilasi perspektif kereta api. Konsepnya adalah menerangkan tentang PT.KAI sebagai perusahaan terpercaya yang memiliki banyak tenaga ahli dan profesional serta berpengalaman di bidangnya. Sedangkan bentuk pengulangan objek pada logogram melambangkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan stakeholders. Setiap bentuk bangun datar pada logo mewakili latar belakang, visi serta misi perusahaan. Berikut konsep dan represantasi bentuk bangun datar pada logo :
            -) Jajargenjang    :    aerodinamis, stabil, adil, keseimbangan, cepat.
            -) Quadrilateral    :    kuat, dinamis, kokoh, inovasi, modern.
            Pada logogram terdapat 4 warna berbeda yang digunakan untuk memberikan identitas dan image bagi perusahaan. Berikut konsep dan representasi warna pada logo :
            -) Warna orange   :   semangat, optimisme, menarik, hangat, ramah, segar, harapan yang baik dan ekonomis.
            -) Warna merah    :   berani, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), kuat, kebahagiaan dan cepat.
            -) Warna biru        :    kenyamanan, kesetiaan, keamanan, kepercayaan, intelligence, profesional dan teknologi tinggi.
            -) Warna abu-abu : maskulin, netral, masa depan, kokoh, dan stabil.


PROSES PEMBUATAN LOGOGRAM



SKALA LOGOGRAM



            Di bagian bawah logo terdapat teks nama perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempertegas nama perusahaan pada logo. Font yang digunakan adalah Avenir Next LT Pro Bold yang terlihat modern, simple, efisien, kuat dan nyaman saat dibaca.
Avenir Next LT Pro Bold (18 pt) :
ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
abcdefghijklmnopqrstuvwxyz
            Penggunaan warna biru pada teks nama perusahaan mencerminkan perusahaan yang profesional, handal, dapat dipercaya dan berpengalaman di bidangnya.